:::: MENU ::::
  • Suitable for all screen sizes

  • Easy to Customize

  • Customizable fonts.

Tuesday 18 February 2014

Dalam menyambung kabel, sebagaimana biasa diketahui, kulit pembungkus kabel dikelupas hingga tinggal serabut / batang tembaga. Kemudian dililitkan satu dengan lainnya seperti di kepang. Setelah lilitannya cukup kuat, dibungkus dengan salotip (sealtape) berwarna hitam. Cara menyambung kabel seperti ini adalah standar penyambungan kabel yang umum dikerjakan oleh tehnisi listrik, baik profesional maupun amatir.
Saya pun melakukan hal yang sama awalnya.

Gambar : Sarana Pembungkus Sambungan Kawat
Gambar : Sarana Pembungkus Sambungan Kawat

Sebagaimana terlihat pada gambar, ada 3 jenis sarana pembungkus sambungan kabel, yaitu : salotip, karet bakar berbagai ukuran dan terminal sambungan (entah apa penamaan resminya). Dua sarana pembungkus sambungan selain karet bakar, pernah saya coba dan gunakan sebelumnya.Terminal sambungan merupakan sarana termudah untuk menyambung kabel. Cukup dengan mengelupaskan pembungkus tembaga, kemudian memasukkan pada lubang yang tersedia dan mengencangkan mur-nya. Saya tidak menyarankan menggunakan sarana jenis ini karena kualitas plastik hitamnya yang rendah. Mudah meleleh saat terkena panas yang dihasilkan tembaga dari kabel yang melaluinya.

Salotip merupakan sarana pembungkus lilitan tembaga paling ideal sebelum saya mengetahui keberadaan karet bakar. Kelemahan salotip ini terletak pada perekatnya yang mudah luluh ketika terkena keringat dan panas. Namun, tetap lebih baik secara keamanan daripada terminal sambungan.

Karet bakar merupakan sarana pembungkus kabel yang belum lama saya ketahui (2009). Berbentuk seperti selang kecil, terbuat dari bahan karet yang alot serta tahan panas (max. 125º C). Terdiri dari beberapa ukuran, tergantung kebutuhan pemakaian. Harganya pun tergantung dari ukurannya. Semakin besar, semakin mahal. Pengaplikasiannya sangat mudah. Karet bakar dipotong sedikit lebih panjang ukuran lilitan tembaga, kemudian di sarungkan. Setelah itu dipanaskan dengan korek api gas atau pengering rambut (hair dryer). Karet bakar akan menciut dan membungkus dengan sangat baik lilitan kabel di dalamnya. Karena sifatnya yang menciut ketika terkena panas, karet bakar (menurut saya) sangat ideal untuk digunakan sebagai pembungkus sambungan kabel.

Sumber: http://listrikdirumah.com/

0 comments:

Post a Comment

A call-to-action text Contact us